Selasa, 30 November 2010

STRATEGI MEMASARKAN PRODUK LEWAT FACEBOOK

Pemasaran di situs jejaring sosial, seperti Facebook, adalah salah satu yang paling trend di kalangan bisnis dan internet marketing saat ini. Dengan lebih dari 62 juta pengguna dari seluruh dunia, Facebook kini telah dianggap sebagai sebuah tambang emas oleh para internet marketer, dan untuk pebisnis yang ingin mengumpulkan lebih banyak klien potensial dan meraup keuntungan lebih dari keberadaan orang-orang di Facebook.
Tidak seperti situs-situs jejaring sosial lain, Facebook menawarkan fitur unik yang akan memberikan pasar yang efisien di internet, dengan sedikit tindakan kecil kita bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Fitur ini adalah fitur Feed berita atau biasa kita kenal dengan Kolom Status. Tergantung pada  pengaturan privasi Anda di Facebook anda, Anda akan mampu untuk menyiarkan atau mengumumkan apa pun yang Anda ingin umumkan melalui fitur feed berita yang dimiliki oleh Facebook.
Meskipun ada beberapa orang yang tidak menginginkan semua orang bisa melihat apapun yang mereka posting di facebook mereka. Namun dalam pandangan Internet Marketer justru berbeda….
Menurut kalangan pebisnis dan internet marketer… semua orang bisa mengetahui apapun yang ia posting justru merupakan hal yang bagus. Karena berarti semua orang bisa melihat penawaran yang ia berikan melalui Facebook. Anda akan melihat bahwa fitur yang dimiliki Facebook ini akan menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini akan memungkinkan jaringan atau teman-teman Anda untuk mengetahui apa yang Anda tawarkan, semakin banyak yang tahu akan semakin bagus.
Jadi, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ingat untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan fitur ini untuk memasarkan produk atau jasa anda di Facebook. Dengan mengingat tips berikut ini, Anda akan dapat membiarkan orang-orang melihatnya dan pada gilirannya, membiarkan orang lain dalam jaringan mereka ikut melihatnya juga. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan ganda.
Hal Pertama yang perlu Anda lakukan pastinya adalah membuat profil. Orang-orang di Facebook tidak dapat menambahkan orang lain dalam jaringan mereka jika ia tidak memiliki profil, dan sebaliknya. Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Juga, Anda mungkin ingin untuk melengkapi halaman profil anda secara maksimal dengan berbagai informasi penting agar orang tahu siapa anda sebenarnya dan seperti apa aktifitas anda.
Anda bisa mencantumkan Hobby atau kegiatan sehari-hari yang menunjukkan anda adalah seorang pebisnis, bahkan anda bisa juga mencantumkan situs/web atau blog anda disana. Sehingga dari sana orang bisa langsung melihat hasil karya anda.
Kedua adalah dengan mengadakan sebuah event, dan posting itu di wall berita anda atau umumkan dalam sebuah Group atau mengirim Pesan. Ini akan membuat orang-orang di jaringan anda tertarik, dan jika acara anda menarik, mereka bahkan akan memberitahu orang lain dalam jaringan mereka untuk bergabung dalam acara tersebut. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan produk atau jasa anda.
Ketiga, Anda mungkin bisa berbagi video atau gambar banner ke jaringan teman anda di Facebook. Hal ini akan membantu dalam mempromosikan bisnis Anda dan Anda akan memiliki banyak pengunjung yang ditargetkan yang pada akhirnya akan melihat  seperti apa produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Memposting artikel melalui Note juga merupakan cara yang asyik untuk mendapatkan perhatian orang di Facebook. Ini akan menghasilkan lalu lintas yang ditargetkan. Sebagai contoh, jika Anda menjual Baju, anda bisa membuat sebuah tulisan singkat melalui fasilitas Note yang didalamnya anda sertakan beberapa gambar produk anda. Ini akan menghasilkan lalu lintas bertarget yang kemungkinan besar akan tertarik pada apa yang Anda pemasaran.
Memberikan komentar pada status orang lain di facebook dan memberikan link web anda disana, juga merupakan cara yang baik untuk memperluas jaringan teman Anda mendekatkan anda dengan calon pelanggan.
Ini adalah sedikit hal yang mungkin perlu Anda lakukan dalam kegiatan Facebook Marketing, selain banyak hal lain yang bisa anda lakukan tentunya. Dengan tips ini, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mampu menghasilkan lalu lintas yang efektif untuk bisnis anda melalui Facebook dan memperluas jaringan Anda. Anda akan dapat memiliki lebih banyak calon pelanggan karena melalui Facebook tersebut mereka jadi tahu tentang apa yang Anda tawarkan.

Salam sukses… Keep ACTION

Tidak ada komentar:

Posting Komentar